LOGO PUSDI SDM
PUSAT STUDI SDM 
Sekolah Pascasarjana
UIKA Bogor
DIVISI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN

 

1. Jasa Riset  dan Evaluasi Program

Salah satu faktor yang berpengaruh dalam pencapaian keberhasilan pelaksanaan otonomi daerah antara lain adalah Faktor Manusia Pelaksana atau Sumberdaya Manusia. Untuk itu analisa terhadap faktor sumberdaya manusia dalam rangka penyusunan strategi guna peningkatan pelaksanaan otonomi daerah amat diperlukan apabila tujuan dari pelaksanaan otonomi daerah tersebut ingin dicapai. 

Analisa lingkungan intemal dan eksternal yang dilakukan terhadap faktor sumberdaya manusia diharapkan dapat memberikan arahan strateginbagi organisasi/perusahaan. Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah:

  • (1) Unsur-unsur apa saja dari faktor manusia pelaksana (SDM) suatu organisasi/perusahaan yang merupakan kekuatan dan kelemahan.
  • (2) Unsur-unsur apa saja dari faktor manusia pelaksana (SDM) suatu organisasi/perusahaan yang merupakan peluang dan ancaman.
  • (3) Strategi pengembangan SDM yang bagaimana yang perlu diupayakan oleh suatu organisasi/perusahaan untuk meningkatkan pelaksanaan kemandirian perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman SDM suatu organisasi/perusahaan serta merumuskan strategi pengembangan SDM  untuk peningkatan pelaksanaan otonomi daerah. Hasil penelitian ini diharapkan berguna bagi pemerintah/organisasi/perusahaan,  sebagai informasi tambahan dan bahan pertimbangan dalam menentukan strategi lebih lanjut.

 2. Jasa Fasilitasi Konseling dan Coaching

Di sebuah organisasi pasti ditemukan permasalahan individu dan kelompok. Penyelesaian permasalahan individu dapat dilakukan dengan menggunakan cara konseling. Sedangkan untuk menggali potensi dan mencapai peak performance (kinerja puncak) yang perlu dimiliki oleh setiap individu guna mendukung kinerjanya di organisasi, perlu dilakukan coaching.

Manusia lahir dengan rasa ingin tahu yang besar, dan begitu dewasa memiliki segudang cita cita, obsesi dan harapan. Manusia menyadari bahwa untuk menjadi yang lebih baik, lebih berprestasi, lebih pintar, lebih terampil, lebih sukses, lebih bahagia, mereka perlu memiliki keterampilan dan pengetahuan. Sehingga manusia selalu belajar, baik disadari maupun tidak disadari. Mereka berguru, membaca, berlatih, studi banding, mengikuti training, konseling, konsultasi, mentoring dan yang tidak kalah pentingnya mereka melakukan coaching.

Mengapa coaching?

  • Personal focused, coaching adalah percakapan yang fokus pada orang (client) tentang kesuksesannya, kebahagiannya, pengalamannya dan kinerjanya. Percakapan yang memberdayakan seseorang untuk menjalani kehidupan penuh semangat, suka cita dan makna.
  • Katalisator, coaching adalah katalisator untuk lahirnya ide-ide baru, perubahan dan kinerja unggul. Melalui coaching, values, beliefe dan pengalaman masa lalu dieksplorasi untuk menghasilkan ide-ide kreatif.
  • Pembelajaran transformatif, coaching adalah proses belajar yang sangat transformatif.
  • Membangkitkan potensi, coaching adalah proses memuliakan manusia dengan segala kekuatannya melalui proses pikir, rasa, ucap, dan laku.
  • Solution-oriented, coaching adalah proses pemberdayaan diri yang fokus pada solusi melalui format well-formed outcomes.
  • Kreativitas, coaching adalah proses membangun dan memfasilitasi kreativitas.
  • Produktif, coaching adalah proses meningkatkan produktivitas dengan mengidentifikasi rencana dan strategi terbaik, sumber daya yang dimiliki, pertimbangan ekologis, mengeliminasi gap antara rencana dan implementasi, menghubungkan antara knowing dan doing, mendinamisasikan hubungan antara mind dan muscle serta mensinergikan antara makna dan kinerja.
  • Perubahan, coaching adalah memfasilitasi perubahan dengan cara sistematis, realistis dan menyenangkan.
  • Peluang, coaching adalah sebuah proses membuka peluang-peluang baru, kemungkinan baru, energi baru dengan menggunakan perspektif baru.
  • Accelerated learning, coaching adalah sebuah bentuk cara belajar cepat, yang mendukung dan memfasilitasi peningkatan kinerja.
  • Aktualisasi diri, coaching adalah teknologi aktualisasi diri di abad 21 yang mampu menghantarkan client membuka seluruh sumber daya yang dimilikinya, mengaktualisasikannya dan melakukan proses pengkinian diri seacra berkelanjutan dan berkesinambungan.
gallery/logo pusdi sdm
gallery/hr forum-3
gallery/raker